Minggu, 30 Oktober 2011

TES KEMAMPUAN DIFFERENSIAL (TKD)


Pengantar & Petunjuk Penggunaan TKD
¨  Dibawah tahun 1976 dikenal dengan nama TINTUM’69
¨  Bentuk tes Intellegensi Umum
¨  Tahun 1976 diteliti oleh Wibowo, S. dan ternyata TINTUM’69 cocok untuk mengetahui Kemampuan Differensial.
¨  Tahun 1976 TINTUM’69 dirubah namanya dengan “Tes Kemampuan Differensial”.
¨  Digunakan untuk seleksi calon mahasiswa, seleksi calon karyawan, termasuk promosi & mutasi karyawan.
¨  Disusun berdasarkan teori “Multiple Factor” dari Thurstone, L.L., & Thurstone, T.G. (1941).
¨  Ada 7 faktor kemampuan mental primer, yaitu:
V
Verbal Comprehension
W
Word Fluency
N
Number
S
Space
M
Associative Memory
P
Perceptual Speed
I atau R
Induction / General Reasoning
¨  Namun, didasari pertimbangan praktis maka dalam tes ini hanya mengukur 5 faktor mental primer saja, yaitu:
V
Verbal Comprehension
N
Number
S
Space
P
Perceptual Speed
I atau R
Induction / General Reasoning

¨  Tes ini dapat dilakukan secara klasikal dan waktu pelaksanaan tes realtive singkat yakni 66 menit.
PERSIAPAN TKD
Petunjuk Umum
        Sebelum testee (Orang Percobaan) melaksanakan tes ini hendaklah tester mengemukakan petunjuk umum sebagai berikut :
¨  Testee tidak diperkenankan membuka buku persoalan sebelum ada perintah dari tester.
¨  Testee tidak diperkenankan menulis atau mencoret apapun dalam buku persoalan.
¨  Jawaban testee dituliskan dalam lembar jawaban khusus.
¨  Pada setiap persoalan akan didahului oleh penjelasan-penjelasan dan perintah-perintah dari tester. Hendaknya testee mendenganrkan dan memahami sebaik-baiknya penjelasan-penjelasan dan perintah tersebut, sebab kesalahan menangkap perintah dan penjelasan akan merugikan testee.
¨  Testee hendaknya “MULAI” dan “BERHENTI” secara bersama-sama sesuai dengan perintah dari tester.
¨  Setiap persoalan (tes) mempunyai batas waktu tertentu. Bila testee tidak dapat menyelesaikan seluruh persoalan dalam batas waktu yang telah ditetapkan, hendaknya testee tetap tenang, tidak perlu gelisah dan tidak terpengaruh oleh persoalan yang telah berlalu, berpikir jernihlah untuk mendengarkan perintah-perintah berikutnya.
¨  Testee diminta untuk menuliskan: Nama & tanggal pemeriksaan (tes) di lembar jawaban.

Tabel ringkasan susunan penyajian persoalan TKD
Persoalan
Nama Tes
Waktu
Jumlah Soal
I
Pengertian Umum
10 menit
10 soal
II
Menyelesaikan kalimat
7 menit
40 soal
III
Analogi Verbal
5 menit
40 soal
IV
Pernyataan-pernyataan
3 menit
20 soal
V
Hitungan
7 menit
20 soal
VI
Deret Angka
10 menit
30 soal
VII
Melengkapi kalimat
6 menit
20 soal
VIII
Mencari ketidaksamaan
6 menit
20 soal
IX
Menyusun potongan-potongan gambar
6 menit
20 soal
X
Membedakan antara dua gambar
7 menit
80 soal



INSTRUKSI
        &
SCORING
TKD I (COMPREHENSION)
¨  Nama    : Pengertian Umum
¨  Tujuan  : U/menilai kecerdasan sosial, yakni sikap terhadap situasi social praktis.
¨  Tugas    : Menjawab secara jelas, lengkap & singkat.
¨  Instruksi               :
                “Tes berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang juga menyangkut pengetahuan umum yang bersifat praktis. Jawablah sesuai dengan hal yang biasa saudara lakukan atau setidaknya apa yang akan saudara lakukan”. Silahkan anda tuliskan jawaban anda pada bagian yang telah ada dilembar jawaban.
                (Tester boleh sambil menunjukan lembar kerja kepada testee untuk menegaskan)
q  Scoring : Lihat kriteria jawaban.
                Nilai-nilai yang diberikan adalah 2,1,0.
                Nilai tertinggi = 20
TKD II (INFORMATION
¨  Nama    : Menyelesaikan kalimat
¨  Tujuan  : U/menilai ruang lingkup pengetahuan, kewaspadaan (allertness) seseorang terhadap dunia luar.
¨  Tugas    : Memilih satu kata dari 4 kata untuk menyelesaikan suatu kalimat.
q  Instruksi               : Dipapan tulis, tester membuat contoh-contoh soal dan cara menjawabnya, seperti :
                1. Kanguru banyak terdapat di……
                A. Hawai   B. india   C. Australia    D. Sulawesi
                2. Ibu kota Republik Indonesia adalah……
                A. Bogor   B. Bali   C. Yogyakarta   D. Jakarta
q  Macam tempat menjawab :
                                                                                A.   B.   C.   D.
                                                                                A.   B.   C.   D. 
                “ Pada subtes berikut, silahkan anda menyelesaikan kalimat yang terdapat pada lembar soal dengan jawaban yang tepat dengan cara memilih salah satu pilihan kata yang terdapat dibawahnya. Silahkan anda berikan coretan (berikan contoh dipapan tulis) pada hurup dimana terdapat kata/jawaban yang menjadi pilihan anda”.
q  Scoring : Nilai 1 u/jawaban yang benar
    Nilai  0  u/jawaban yang salah
    Nilai tertinggi = 40
TKD III (ANALOGI VERBAL)
¨  Nama    : Analogi Verbal
¨  Tujuan  : U/menilai kemampuan analogi berpikir.
¨  Tugas    : Mencari kata ke-4 yang ada hubungannya dengan kata ke-3, sama dengan kata ke-1 dan kata ke-2.
q  Instruksi               : Sebelumnya tester membuat contoh-contoh soal dan cara menjawabnya dipapan tulis, seperti :
        1. Langit : biru  = rumput : …………….
        A. Putih   B. Hijau   C. Panas   D. Terang
        2. Ikan : berenang = orang : ………………
        A. Kertas   B. Waktu   C. Berjalan   D. Manusia
q  Macam tempat menjawab :
                                                        A.   B.   C.   D.
                                                        A.   B.   C.   D. 
q   “ Dalam tes ini terdapat tiga (3) kata, antara kata pertama dan kedua terdapat suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu diantara empat kata pilihan harus pula tedapat hubungan yang sama seperti kata pertama dan kedua, carilah kata ke-4 tersebut. Silahkan berikan jawaban anda dengan mencoret salah satu hurup dari pilihan yang tersedia. Persoalan ini terdiri dari 40 soal, waktu yang disediakan terbatas. Bekerjalah dengan cepat dan teliti”.
q  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                          Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                          Nilai tertinggi = 40
TKD IV (LOGIKA)
¨  Nama    : Pernyataan-pernyataan
¨  Tujuan  : U/menilai cara berpikir logis
¨  Tugas    : Memberikan pernyataan yang tepat.
q  Instruksi               : Tester mencontohkan :
        Mengapa pada musim liburan kita senang beristirahat ditempat yang sejuk?
        A. karena hal itu adalah mode
        B. karena hawa yang sejuk baik untuk kesehatan.
        C. karena hawa yang sejuk itu dingin
        D. karena tidak panas
q  Macam tempat menjawab :
                                                                        A.   B.   C.   D.
q  Instruksi               :
        “Pada subtes ini, silahkan anda membaca pertanyaan-pertanyaan berikut dan membuat pernyataan, dengan cara memilih salah satu pilihan jawaban dari empat kemungkinan jawaban yang tersedia dibawahnya. Silahkan anda memberikan coretan pada hurup dimana terdapat jawaban yang menjadi pilihan anda. Bekerjalah secepat dan seteliti mungkin”.
q  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                          Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                          Nilai tertinggi = 20
TKD V (ARITHMETIC)
¨  Nama    : Hitungan
¨  Tujuan  : Mengukur penalaran berhitung dengan angka
¨  Tugas    : berhitung
¨  TKD V (ARITHMETIC)
¨  Instruksi               :
¨                  “Berikut adalah persoalan hitungan, silahkan anda mengerjakan soal-soal hitungan yang tersedia dan tuliskan jawab anda (cukup angkanya saja) pada kolom jawaban yang tersedia. Waktu anda terbatas. Silahkan anda bekerja secepat dan seteliti mungkin”.
¨  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                  Nilai tertinggi = 20
TKD VI (DERET ANGKA
¨  Nama    : Deret angka
¨  Tujuan  : Mengukur penalaran berhitung dengan angka dan mengukur logika berpikir.
¨  Tugas    : Melanjutkan 2 bilangan yang sesuai dengan irama deret.
q  Instruksi               : Sebelumnya tester membuat contoh soal dan cara menjawabnya di papan tulis, seperti :
                1   3   5   7   9   11  ……   ……
                3   2   4   3   5   4    ……   ……
q  Macam tempat menjawab : …….     …….
               …….            …….
                 
TKD VI (DERET ANGKA)
q  Instruksi               :
                “Pada persoalan berikut, terdapat deret angka. Setiap deret angka tersusun menurut suatu aturan tertentu dan dibelakangnya ada 2 tempat yang kosong yang harus diisi sesuai dengan aturan yang ada sebelumnya tersebut. Tugas anda adalah mencari angka selanjutnya pada setiap deret dan tuliskan jawaban anda pada kolom jawaban yang tersedia. Sebelumnya mari kita lihat contoh dipapan tulis…(setelah mengerjakan contoh dipapan tulis), tanyakan…”apakah saudara mengerti? (Jika sudah mengerti), lalu katakan….Waktu anda terbatas, silahkan anda bekerja secepat dan seteliti mungkin”.

¨  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                                  Nilai tertinggi = 30
q  Catatan                : Jawaban yang benar adalah apabila kedua bilangan dituliskan tepat. Bila hanya satu bilangan tepat dan yang lainnya salah, dianggap salah.
TKD VII (SINONIME)
q  Nama    : Melengkapi kalimat
q  Tujuan  : Mengukur kemampuan berpikir analogi
q  Tugas    : Melengkapi kalimat yang belum selesai dengan sebuah kata.
q  Instruksi               : Tester membuat contoh dipapan tulis
                1. Seekor kijang mempunyai persamaan paling besar dengan……
                A. Kucing  B. Anjing  C. Babi  D. Tikus  E. Kancil
                2. Lawan dari harapan adalah………………
                A. Kesedihan   B. Putus harapan   C. Kesengsaraan
                D. Kecintaan   E. Kebencian
q  Macam tempat menjawab :
                                                                                A.   B.   C.   D.   E.
                                                                                A.   B.   C.   D.   E.
q  Instruksi               :
                “Pada subtes berikut, silahkan anda melengkapi kalimat yang terdapat pada lembar soal dengan jawaban yang tepat dengan memilih salah satu pilihan kata yang terdapat dibawahnya. Silahkan anda berikan jawaban dengan mencoret pada hurup dimana terdapat kata/jawaban yang menjadi pilihan anda”.
¨  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                                  Nilai tertinggi = 20
TKD VIII (DIFFERENCES)
¨  Nama    : Mencari ketidaksamaan
¨  Tujuan  : Mengukur aspek-aspek diskriminasi-generalisasi berpikir
¨  Tugas    : Mencari satu kata yang tidak mempunyai persamaan dengan 4 kata lainnya.
q  Instruksi               : Sebelumnya tester membuat contoh-contoh dan cara menjawabnya dipapan tulis, seperti :
                1. A. Meja    B. Kursi   C. Burung   D. Lemari  
                   E. Ranjang
                2. A. duduk   B. Berdiri   C. Berbaring   D. Pergi 
        E. Berlutut
q  Macam tempat menjawab :
                                                                                A.   B.   C.   D.   E.
                                                                                A.   B.   C.   D.   E.
q  Instruksi               :
                “Pada subtes ini, ditentukan lima kata. Pada 4 dari 5 kata tersebut tedapat suatu kesamaan. Tugas anda adalah mencari satu kata yang tidak memiliki kesamaan dengan ke-4 kata yang lain. Silahkan anda berikan jawaban dengan mencoret salah satu hurup dimana tedapat kata/jawaban yang menjadi pilihan anda”.
¨  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                                  Nilai tertinggi = 20
TKD IX (COMPLETION)
¨  Nama    : Menyusun potongan-potongan gambar
¨  Tujuan  : Mengukur kemampuan persepsi keruangan
¨  Tugas    : Menyatukan gambar yang terpotong-potong dan mencari pola gambar yang utuh.
q  Instruksi               : Sebelumnya tester membuat contoh-contoh dan cara menjawabnya dipapan tulis, seperti :
q  1.          2.           3.           4.            5.


               




q  Macam tempat menjawab : 1    2    3    4     5
TKD IX (COMPLETION)
q  Instruksi               :
q  “Pada persoalan berikut, setiap soal memperlihatkan suatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian. Tugas anda adalah mencari diantara bentuk-bentuk yang ditentukan (1,2,3,4,5), bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan itu sedemikian rupa,sehingga tidak ada kelebihan sudut atau ruang diantaranya. Tuliskan jawaban anda dengan mencoret salah satu angka dimana terdapat gambar yang menjadi pilihan jawaban anda. Waktu anda terbatas, silahkan anda bekerja secepat dan seteliti mungkin”.
TKD IX (COMPLETION
q  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                                  Nilai tertinggi = 20
TKD X (PERCEPTION)
¨  Nama    : Membedakan antara dua gambar
¨  Tujuan  : Mengukur ketepatan persepsi
¨  Tugas    : Menyatakan apakah pasangan-pasangan gambar itu sama atau berbeda.
¨  Instruksi               : Sebelumnya tester membuat contoh-contoh dan cara menjawabnya dipapan tulis, seperti :
                1.                                           
               
                2.                                   
                3.                                           

TKD X (PERCEPTION
q  Instruksi               :
                “Pada subtes berikut, nyatakanlah apakah pasangan gambar-gambar itu sama atau berbeda…? Bila sama, berilah tanda O (lingkaran) pada nomor yang bersangkutan. Bila berbeda, berilah tanda X (silang) pada nomor yang bersangkutan.
q  Berdasarkan gambar, maka cara menjawabnya:
                1.                            2.               3.
¨  Scoring                 : Nilai 1 u/jawaban yang benar
                                                  Nilai 0 u/jawaban yang salah
                                                  Nilai tertinggi = 80         

                 Selanjutnya
ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK TEST
(RMIB TEST)
THE
                 


         

3 komentar:

  1. Terimakasih.. bermanfaat sekali karena saya sangat membutuhkan informasi ini untuk melakukan rekrutmen karyawan. Sangat menolong sekali.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. boleh tau ga ya ini sumber asli nya darimana?

    BalasHapus