Minggu, 30 Oktober 2011

THE ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK TEST (RMIB TEST)



PENGANTAR
Ò  Tes ini pertama kali disusun oleh Rothwell pada tahun 1947
Ò  Pada saat pertama hanya memiliki 9 jenis kategori dari jenis-jenis pekerjaan yang ada.
Ò  Tahun 1958, Kenneth Miller memperluas tes tersebut menjadi 12 jenis pekerjaan.
Ò  Sejak itu tes ini disebut The Rothwell Miller Interest Blank Test.

RMIB TEST
Ò  Untuk mengukur interest (minat) seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap jenis pekerjaan.
Ò  Dasar pemikiran à setiap orang mempunyai konsep-konsep yang khas terhadap jenis-jenis pekerjaan yang tersedia atau yang disediakan oleh masyarakat.

KELEBIHAN  RMIB  TEST
Ò  Dapat dimasukkan kedalam susunan battery test
Ò  Lebih mudah dikerjakan oleh subjek
Ò  Score dapat disusun dengan lebih cepat
Ò  Tugas pengisian dari tes ini akan menimbulkan interest subjek dan kerjasama yang aktif sifatnya.
Ò  Lebih cocok diberikan kepada orang dewasa
Ò  Hasil keseluruhan dari tes ini akan memperlihatkan pola interest dari subjek.
Ò  Dapat diberikan secara klasikal ataupun individual.



MATERI  RMIB  TEST
Ò  Suatu formulir yang berisikan suatu daftar pekerjaan yang disusun menjadi 9 kelompok dengan kode hurup A sampai I, dan dibedakan antara pria dan wanita.
Ò  Masing-masing kelompok terdiri dari 12 jenis pekerjaan yang masing-masing mewakili kategori pekerjaan tertentu.
12 kategori

materi test RMIB

Out door
Ò  Pekerjaan yang aktivitasnya dilakukan diluar atau udara terbuka, atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang rutin sifatnya.
Ò  Ex. Petani, penjaga hutan, guru olah raga, juru ukur, dll

Mechanical
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan atau menggunakan mesin-mesin, alat-alat dan daya mekanik
Ò  Ex. Insinyur sipil, petugas pompa bensin, montir radio, ahli reparasi jam, dll

computational
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka.
Ò  Ex. Akuntan, ahli statistik, auditor, kasir, guru ilmu pasti, dll

scientific
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, eksperimen, kimia dan ilmu pengetahuan pada umumnya
Ò  Ex. Ilmuwan, ahli botani, ahli pertanian, asisten laboratorium, ahli biologi, dll

Personal contact
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, diskusi, membujuk, bergaul dengan orang lain.
Ò  Pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain.
Ò  Ex. Manager bidang penjualan, penyiar radio, salesman, petugas humas, agen biro iklan, dll

aesthetic
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu.
Ò  Ex. Seniman, artis komersil, pemotret, penata panggung, guru kesenian, perancang pakaian, dll

Ò  laterary
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan buku-buku, kegiatan membaca, mengarang
Ò  Ex. Wartawan, pengarang, penulis drama, penyair, ahli sejarah, ahli perpustakaan, dll

musical
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan minat memainkan alat-alat musik atau untuk mendengarkan orang lain bernyanyi atau membaca sesuatu yang berhubungan dengan musik, termasuk penghargaan terhadap musik.
Ò  Ex. Pianis konser, komponis, guru musik, pemain organ, pemimpin band, dll

Social service
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap kesejahteraan penduduk, dengan keinginan untuk menolong dan membimbing/menasehati tentang problem dan kesulitan mereka.
Ò  Berhubungan dengan keinginan untuk mengerti orang lain, dan mempunyai ide yang besar atau kuat tentang pelayanan.
Ò  Ex. Guru SD, Psikolog, pekerja sosial, Organisator kepramukaan, pejabat klub remaja,  dll

clerical
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan.
Ò  Ex. Manager bank, petugas arsip, pegawai kantor, juru ketik, pegawai pos, dll

practical
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap pekerjaan yang praktis, karya pertukangan dan yang memerlukan keterampilan.
Ò  Ex. Tukang kayu, penjahit, juru masak, penata rambut, tukang ledeng, ahli sepatu, dll

medical
Ò  Pekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap pengobatan, mengurangi akibat dari pada penyakit, penyembuhan, dan didalam bidang medis serta hal-hal biologis pada umumnya.
Ò  Ex. Dokter, ahli bedah, apoteker, mantri kesehatan, ahli kaca mata, perawat orang tua, dll

INSTRUKSI   RMIB
Ò  Secara umum instruksi sudah tedapat dalam formulir, sehingga bagi testee yang sudah dewasa dapat di instruksikan untuk membaca sendiri, kecuali untuk orang dewasa dengan inteligensi rendah (dull normal).
Ò  Bagi orang yang diragukan kemampuannya untuk memahami instruksi yang tertulis, perlu diberikan beberapa contoh untuk mengerjakannya dengan tepat. Bahkan harus terus diperhatikan agar dapat mencegahnya berbuat kesalahan.
 
Instruksi
Ò  Pertama-tama katakan kepada mereka :
                “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah nama dan keterangan-keterangan lain mengenai diri saudara dikolom yang sudah disediakan disebelah atas formulir”.
Instruksi
Ò  Sesudah beberapa saat dilanjutkan :
                “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat pada formulir tersebut”.
Ò  Instruksi secara lengkapnya……
Instruksi
“Dibawah ini akan anda temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merupakan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa diantaranya yang saudara sukai. Akan tetapi disini saudara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin saudara lakukan atau paling saudara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang diterima, atau apakah saudara akan berhasil dalam mengerjakannya atau tidak ”.
Instruksi
Ò  Selanjutnya :
                “Tugas saudara adalah mencantumkan nomor atau angka dibelakang setiap pekerjaan per kelompok, mulai dengan nomor 1 untuk pekerjaan yang paling saudara sukai, dan seterusnya sampai nomor 12 untuk pekerjaan yang paling saudara tidak sukai. Bekerjalah dengan secepatnya dan tuliskan nomor-nomor sesuai dengan kesan dan keinginan saudara yang pertama. Perhatikan dengan teliti dan jangan ada yang dilewatkan”.
Instruksi
Ò  Diberikan waktu lagi untuk beberapa saat dan katakan :
                “Ada pertanyaan…?”.
Ò  Apabila tidak terdapat pertanyaan, maka instruksi dapat diteruskan :
Instruksi
Ò  Untuk responden dengan intellegensi rendah (dull normal) dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :
                “ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar buah-buahan, misalkan saja jeruk,nanas,mangga dan rambutan. Dan kemudian saya tanyakan kepada saudara buah mana yang paling saudara sukai. Apabila saudara paling suka buah mangga,maka saudara tulis nomor satu (1) dibelakangnya mangga, dan kemudian saudara lebih suka nanas dari pada buah lainnya, maka saudara tulis angka 2 dibelakang nanas. Demikian seterusnya sehingga dibelakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukkan urutan dari buah-buahan kesukaan saudara”.


Instruksi
Ò  Sekarang saudara harus mengerjakan seperti tadi, akan tetapi daftar yang terdapat didalam formulir ini adalah daftar pekerjaan,bukan daftar buah-buahan. Disini juga saudara harus memilih pekerjaan mana yang paling saudara sukai, beri angka 1 dibelakangnya, nomor 2 untuk pekerjaan yang nomor 2 disukai, dan demikian seterusnya, sehingga semua mempunyai angka dibeakangnya, yaitu dari nomor 1 sampai dengan nomor 12”.
Instruksi
“Sekarang kerjakan dan lengkapilah formulir ini sesuai dengan instruksi. Apabila saudara membuat kesalahan, coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka yang benar disamping angka yang salah tadi. Sesudah saudara selesai mengisi atau memberikan ranking. Saudara diminta untuk menuliskan tiga (3) jenis pekerjaan yang disukai, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat didalam daftar. Boleh menulis pekerjaan yang terdapat didalam daftar,boleh juga tidak”.
Instruksi
Jelas…..ada pertanyaan…?”.
Ò  Apabila tidak terdapat pertanyaan, maka katakan:
                “Baik…Silahkan anda kerjakan….”.

SCORING RMIB
Scoring
Ò  Setelah ranking dibuat oleh testee, maka hasil ranking tersebut kemudian dipindahkan kedalam suatu kerangka yang terdapat dibagian terakhir dari formulir test ini.
Ò  Bentuk kerangka tersebut seperti berikut ini :







A
B
C
D
E
F
G
H
I
Total Rank
%
1. Out door
xx










2. Mec

xx









3. Comp


xx








4. Sci



xx







5. Pers




xx






6. Aesth





xx





7. Lat






xx




8. Mus







xx



9. SS








xx


10. Cler











11. Prac











12. Med













Ò  Cara pengisian
Ò  Ranking dari kelompok A dimasukkan kedalam kerangka sesuai dengan aslinya (xx)
Ò  Ranking kelompok B dimulai dari kolom Mec (xx).
Ranking kelompok C dimulai dari kolom Comp (xx), dan seterusnya sehingga dalam kelompok akhir akan terdapat bahwa jenis pekerjaan yang letaknya terbawah dalam susunan pekerjaan akan menjadi paling atas dalam kolom tabulasi


Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini :
Kelompok  A
Kelompok  B
Kelompok  C
Petani
2
Ahli Pembuat Alat-alat
3
Auditor
3
Insinyur Sipil
1
Ahli Statistik
2
Ahli Meteorologi
11
Akuntan
4
Insinyur Kimia Industri
1
Salesman
12
Ilmuwan
6
Penyiar Radio
11
Arsitek
4
Manager Bidang Penjualan
9
Artis Komersil
12
Penulis Drama
8
Seniman
11
Pengarang
9
Komponis
5
Wartawan
7
Dirigent/Pemain Orkes
6
Kepala Sekolah
10
Pianis Konser
10
Psikolog
8
Pegawai Kotapraja
9
Guru SD
12
Sekretaris Perusahaan
7
Ahli Meubel
6
Manager Bank
3
Ahli Bangunan
4
Dokter Hewan
1
Tukang Kayu
8
Ahli Bedah
5
Juru Ukur
7
Dokter
5
Penjaga Hutan
10
Tukang Bubut
2


Hasil tersebut diatas kemudian dipindahkan kedalam kerangka sebagai berikut :

A
B
C
D
E
F
G
H
I
1. Out door
xx 2
10
7
Dst…





2. Mec
1
xx 3
2






3. Comp
4
2
xx 3






4. Sci
6
1
11
xx





5. Pers
9
11
12

xx




6. Aesth
11
12
4


xx



7. Lat
7
9
8



xx


8. Mus
10
6
5




xx

9. SS
12
8
10





xx
10. Cler
3
7
9






11. Prac
8
4
6






12. Med
5
5
1








Cara pengecekan
Ò  Pengisian dimulai pada kolom dengan tanda xx untuk setiap kelompok.
Ò  Untuk mengadakan pengecekan apakah tidak terdapat kesalahan dalam memindahkan angka-angka ranking, maka sesudah dijumlahkan, hasil penjumlahan dari semua angka harus = 702

Cara pengecekan
Ò  Apabila terdapat dua angka yang sama, maka masing-masing angka dikurangi atau ditambah 0,5 sesuai dengan keperluannya.
Ò  Misalkan terdapat angka kembar 5, dan angka kembar 6 tidak ada. Maka kedua angka 5 yang kembar tersebut ditambah dengan 0,5, sehingga masing-masing menjadi 5,5.
Ò  Sedangkan apabila angka kembar 7, dan angka 6 tidak ada, maka kedua angka 7 tersebut dikurangi dengan 0,5, sehingga masing-masing menjadi 6,5
Terima kasih

&

Semoga bermanfaat


5 komentar:

  1. Melanggar kode etik psikologi... Ilmu yang dimiliki hanya dimanfaatkan untuk menghancurkan karir psikolog. Apa manfaatnya menulis artikel seperti ini di blog anda, saya rasa anda tidak akan diberi upah serupiah pun, sementara di sisi lain anda telah mempublikasikan hal-hal yang sangat dirahasiakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.. coba dibaca lagi baik baik buku tentang kode etik psikolog

      Hapus
  2. Benarkah melanggar kode etik psikologi? Pasal mana yang dilanggar? Mohon pencerahan?

    BalasHapus
  3. yg penting si testee itu sebelum mengikuti tes tersebut tidak mempelajarinya terlebih dahulu sih sah-sah saja
    dan yg terpenting lagi blog ini tidak mempublis lembar soal lengkap tabel A-I tersebut dan tidak sampai interpretasi

    BalasHapus