Minggu, 30 Oktober 2011

TES BAKAT MINAT




Apa itu bakat?
  William B. Michael
(Encyclopedia of Educational Research)
Bakat merupakan kemampuan individu untuk melakukan tugas, yang dalam perkembangannya tidak sama sekali tergantung pada latihan
  Crow & Crow
(An out line of General Psychology; 1963)
Bakat merupakan sifat  yang memberi petunjuk tentang  adanya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, dimana dengan latihan dapat menjadikan kemampuan tersebut menjadi nyata, terutama dalam bidang-bidang khusus  atau tertentu. 
  Woodworth & Marquis
Handbook of Psychology (Suryabrata;1984)
Bakat merupakan satu dari tiga kemampuan (ability) yang ada pada individu.
                Kemampuan tersebut meliputi :
Ø   Achievement à Actual ability à dapat diukur dengan alat atau tes tertentu
Ø  Capacity à Potential ability à dapat diukur  secara tidak lansung melalui pengukuran terhadap kecakapan individu. à umumnya dibawa sejak lahir.
Ø  Aptitude à kualitas yang hanya bisa diungkap / diukur dengan dengan tes khusus yang sengaja dibuat.




Guilford
Handbook of Personality (Suryabrata;1984)
Aptitude mencakup  3 dimensi pathologis, yaitu :
  Dimensi Perceptual à Kemampuan  dalam mengadakan persepsi, meliputi :
                1. Kepekaan indra            4. Orientasi Waktu
                2. Perhatian                        5. Luasnya daerah persepsi
                3. Orientasi Ruang           6. Kecepatan persepsi. Dsb.
  Dimensi Psikomotor, meliputi :
                1. Faktor kekuatan
                2. Faktor Impuls (dorongan)
                3. Faktor Kecepatan Gerak
                4. Faktor Ketelitian / Ketepatan  à
                                a. Faktor kecepatan statis yang menitik beratkan                  pada posisi.
                                b. Faktor ketepatan dinamis yang menitik 
               beratkan pada gerakan.
                5. Faktor Koordinasi
                6. Faktor Keluwesan
  Dimensi Intelektual, meliputi :
                1. Faktor ingatan
                2. Faktor Pengenalan
                3. Faktor Evaluatif
                4. Faktor Berpikir Konvergen (terpusat)
                5. Faktor Berpikir Divergen (menyebar)


Faktor-faktor
yang mempengaruhi Bakat
  Teori Nativisme à Schopenhouer  à Pembawaan / keturunan
  Teori Empirisme à John Locke à Lingkungan / pengalaman / belajar à Tabularasa.
  Teori Konvergensi à William Stern à Kombinasi pembawaan dan lingkungan

Variabel lingkungan yang mempengaruhi perkembangan bakat


Lingkungan                                                                                                                                         Readiness /
-Keluarga                                                                            Bakat                                                    Kematangan
-Education                                                                                                                                          -Kognitif
-Sosial                                                                                                                                                  -Afektif
                                                                                                                                                                -Struktur Syaraf / Otot
                                                                           Variabel  Psikologis
                                                                           -Interest
                                                                           -Konsep diri
                                                                           -Motivasi
MUNCULNYA TES  BAKAT…
  Keterbatasan tes Intelegensi à hanya mampu mengungkap kemampuan khusus yang ada pada individu à keberhasilan seseorang dalam pendidikan formal à Scholastic Aptitude Test.
  Ditemukannya metode analisis faktor  yang dapat mengelompokkan sifat-sifat tertentu à bakat tertentu à dirintis o/Pearson & spearman (1954).
  Analisis Faktor à suatu teknik statistik yang dapat digunakan u/mencari adanya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti à di analisis à u/menentukan apakah semua variabel didominasi o/faktor khusus atau o/faktor umum.

  Charles Spearman à Two factor Thoeries à Tingkah laku manusia itu disebabkan o/dua faktor :
                                                                           1. Faktor umum (general factors atau  “g”)
                                                                           2. Faktor khusus (special factors atau “s”)
  Thurstone & Cyrill Burt (1976) à menolak faktor  “g”, menerima faktor “s”, tetapi ada juga faktor “c” à terdiri dari 7 faktor.
                                                                          
                                                                                “g”  factors
  Kemampuan yang dibawa sejak lahir.
  Kekuatan mental secara umum.
  Bersifat konstan.
  Kapasitas tiap-tiap individu berbeda.
  Mendasari dalam kegiatan manusia.
                                                           “s”  faktors
  Di pelajari dan diperoleh dari lingkungan atau pendidikan.
  Sifatnya bervariasi.
  Setiap  orang memiliki kemampuan khusus yang berbeda.
                                                           7  Faktors  “c”
  Verbal Comprehension (V)
Kecakapan dalam menggunakan bahasa. Diungkap dengan reading comprehension test, analogi verbal, pribahasa.
  Word Fluency (W)
Kelancaran berbahasaà seberapa besar dapat menggunakan kata-kata yang sukar diucapkan à merujuk pada cara kerja mental à mudah tidaknya individu mengubah atau mengalihkan pikirannya sesuai kebutuhan. Ex. Tes istilah asing.
                                                                          


                                                                           7  Faktors  “c”
  Number (N)
Kecakapan berhitung à kecakapan individu dalam bekerja menggunakan bilangan. Diungkap dengan Aritmatic Computation Tes, Deret angka.
  Space (S)
Kemampuan u/mengadakan orientasi dalam ruang. Diungkap dengan Geometri Testà merubah bentuk atau posisi secara visual.
                                                           7  Faktors  “c”
  Assosiative memory (M)
Kemampuan u/mengingat dalam jangka waktu pendek. Ex. Mengingat posisi ruang atau bentuk dalam tes IQ
  Perceptual Speed (P)
Kemampuan u/mengamati dengan cepat dan cermat kesamaan & perbedaan stimulus. Ex. Tes BakatàTKD 10
  Induction (I) atau General Reasoning (R)
Kemampuan u/berpikir logis à faktor induktive & deduktive. Ex. Tes Bakatà TKD 4

Tes bakat dibagi 2 kelompok
(Anastasia;1976)
  Multiple Aptitude Batteries
  Special Aptitude Test

                                                                           Multiple Aptitude Batteries
Untuk mengungkap bermacam-macam kemampuan individu.
Ex. Sekaligus mengungkap kemampuan verbal, numerical, abstract, space ,dll. 
Differential Aptitude Test (DAT), General Aptitude Test Batteries (GATB), Flanagan Aptitude Classification Test  (FACT)

                                                                           Special Aptitude Test
  Hanya u/mengungkap satu kemampuan khusus.
  Musical Aptitude Test, Artistical  Aptitude Test, Medical aptitude Test
                                                           Kegunaan Tes Bakat
  Guidance (Bimbingan & Konseling)
  Selection for Job
  Admission (Pengakuan & rekomendasi)
Administrasi
          &
 Scoring Test
Administrasi
  Tahap Persiapan
  Tahap Penyajian
  Tahap Penutup
Tahap Persiapan
1.  Pada saat ingin melaksanakan test
Ø  Fahami sifat & tujuan test
Ø  Mengatur materi test menurut kebutuhan
Ø  Jumlah test yang akan diberikan
Ø  Memutuskan waktu & tempat yang tepat u/pelaksanaan test
Ø  Pelajari materi & petunjuk test secara benar
Tahap Persiapan
2.  Pada saat persiapan pelaksanaan tets
Ø  Perlengkapan test à buku test (alat test), lembar jawaban, alat tulis, stop watch.
Ø  Ruangan à Pengaturan tempat duduk, sirkulasi udara
Ø  Tester à Penguasaan alat test (instruksi,waktu,scoring) dan pengaturan jalannya test (proses, peserta)
Tahap Penyajian
1.       Rapport à Mampu menciptakan hubungan yang nyaman & menyenangkan.
2.       Instruksi à Harus jelas & terstandar
3.       Waktu test à Harus sesuai & tepat
4.       Suasana test à tertib & tenang à pada saat membagikan & mengumpulkan kembali materi test, dan pada waktu pelaksanaan test bersama-sama.
Tahap Penutup
1         Mengumpulkan materi test
2         Menghitung buku & lembar jawaban
3         Melakukan scoring
4         Membuat laporan
Scoring
q  Menghitung angka kasar
q   Mencari Nilai skala / standar (norma) test
q   Menjumlahkan nilai standar yang diperoleh (cutting point)
q   Membuat ptofile hasil test

Selanjutnya


General Aptitude Test Battery
(GATB)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar